Bola Itu Tidak Lagi Bundar

Hal ini adalah sebuah pemahaman baru buat saya, artikel yang membuat mata saya semakin terbelalak dengan seseorang bernama Jose Mourinho. Ketika membaca tulisan Andibachtiar Yusuf atau lebih dikenal dengan panggilan Ucup ini seakan menumpahkan kata-katanya kemuka saya. dan penggalan kalimat “Setiap kesuksesan memiliki rumus-rumusnya sendiri, itulah kunci kesuksesan saya,” tegas Jose di sebuah ceramah manajerial di Universitas Nasional Tel Aviv jurusan Manajemen Usaha pada salah satu paragraf dalam tulisan tersebut semakin menegaskan bayangan saya bahwa setiap orang memiliki ambisi sukses namun tak semua orang mampu mengejawantahkan ambisi itu kedalam tataran aplikasi yang bersifat operasional…!!!

Jose_Mourinho_wallpaper_by_Mira_Shelest

Sangat menjemukan memang membahas teori2 yang memembubung tinggi, namun bukankan kita lebih bersemangat untuk mendengarkan acara motifasi yang secara eksklusif dikemas dalam kotak ajaib bernama televisi, dan kita juga lebih giat membeli buku-buku motifasi yang harganya kadang tidak murah dan semua tontonan dan bacaan itu hanyalah sebuah HOW TO..!!. Tapi kita sangat susah menerjemahkan apa yg sudah dekat dimata kita yg lebih menjengkelkan lagi kita harus membuka terlebih dahulu untuk menerjemahkan pelajaran yang sebenarnya sudah kita hadapi.

Banyak yg tak suka akan sesuatu yg pragmatis, tapi Jose Mourinho telah menerjemahkanya secara gamblang dan lugas bahwa pragmatis adalah pengejawantahan dari teori yang mungkin oleh penemunya sendiri tak tahu akan digunakan seperti apa. Pragmatis ala Mourinho bukan pragmatis “gebyah uyah podo asine” (menyamaratakan manisnya garam) tapi lebih dari itu. Bukan hanya di sepakbola pragmatis ala Mourinho bisa kipa ejawantahkan. Tapi lebih jauh ini adalah soal kemuan untuk bersikap..!!

Dikutip dari artikel Andibachtiar “Ucup” Yusuf dalam blognya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s