We…… bener-bener gak nyangka….. (Matur Tengkyu buat Garin Nugroho)

Harusnya siang ini ada kuliah sampe jam satu, tapi berhubung dosene gak ada, ya sudah kembali ke kos aja. Tapi itu urung tak lakukan. Ya akhirnya ikut temen2 ae lah ke kantornya (Bunker). Asline nguantuk banget, tapi iseng-iseng tak ambil buku dengan cover berwarna kuning bergambar SBY ala SuperMan, yang Judulnya SBY SUPERHERO. ku bolak – balik lah itu buku halaman demi halaman. Sebenernya buku itu sudah sempet tak baca (memang depanya aja, gak sampek selesai) beberapa minggu yang lalu. Saat itu temen2 yang Riset TA tentang Buku Biografi dan sejenisnya pada liat2 buku itu, jadilah saya ikutan nimbrung baca meski Riset saya bukan tentang buku. Kalo saja seandainya yang nulis bukan Garin Nugroho, gak bakalan buku itu tak baca lagi.

Meskipun menurut saya gak begitu menarik, tapi setidaknya apa yang disampaikan Garin bener2 masuk akal dan saya merasa juga memang seperti itu kondisinya. Diantaranya betapa kuatnya figur SBY di Partai Demokrat dan betapa sebagian masyarakat kita bener terpesona dengan karakter dan pencitraan ala SBY, contohnya gak jauh-jauh. Kedua orang tua saya yang notabene orang desa yang kebanyakan informasinya didapat melalui media tv, ketika melihat pidato SBY di tv pernah berkomentar, ” yo ngono kudune pemimpin iku, kalem, ora gedhe omonge…” (pemimpin seharusnya seperti itu, kalem, dan hati-hati ngomongnya).  Nah itulah pesona SBY yang juga di ungkapkan Garin Nugroho dalam buku itu.

Semakin kebelakang saya melihat jajaran gambar yang ada di halaman 64, sejanak saya pandangi gambar itu, sepertinya saya kenal foto2 SBY dan Obama yang disusun berdampingan itu. Di bagian atas ada logo Obama & SBY yang diletakkan berdampingan seolah membandingkan. Saya merasa sangat familiar dengan susunan gambar ini. Benar saja, di bawah foto-foto itu terdapat caption yang bunyinya :

” Potongan gambar SBY vs Obama ini ditemukan di blog ncplus.wordpress.com. Pemilik blog ini, N Faturokhim El-Maghfi iseng membanding-bandingkan gaya kampanye Obama dan SBY. Anak muda sekarang rupanya makin kritis”

walah…. lha itu kan blog dan nama saya (meski penulisan namanya kurang tepat).  Sebagai orang biasa, tentu saya sueneng bukan main.  Gambar yang dimuat pada buku tersebut memang pernah saya muat di blog ini (ncplus.wordpress.com) pada masa kampanye pilpres dulu. Sedangkan N. Fathurrokhim El-Magfi adalah nama facebook saya yang bedgenya saya tempel di blog ini.

Terima kasih buanget buat Bang  Garin Nugroho. ya saya gak nyangka aja, apa yang saya lakukan di blog ini ternyata juga sempet diperhatikan orang sekelas Garin Nugroho.

Matur tengkyu Bang Garin…..

3 responses to “We…… bener-bener gak nyangka….. (Matur Tengkyu buat Garin Nugroho)

  1. UNAIR alumnus angkatan berapa-pun…
    ayo pada ngumpul di sini.

    Ada calon artis yang sudah ditengok sama Garin Nugroho.

Leave a Reply

