iklan GERINDRA lebih oke

eit tunggu dulu, bukan berati saya nulis ini saya pendukung, simpatisan atau malah anggotanya GRINDRA lho. Saya hanya menyampaikan apa yang saya lihat. Dari kaca mata saya (padahal saya gak berkacamata) yang seorang mahasiswa jurusan Desain, tapi saya akan ngomong masalah isinya. Bukan teknisnya.

Kalau tidak salah ada tiga iklan yang dikeluarkan oleh GERINDRA mari kita bahas satu-satu.

Pertama, Iklan yang dinaratori oleh ikon GERINDRA sekaligus Capresnya, yaitu Prabowo Subianto. Kalau kita masih ingat, iklan GERINDRA ini hampir ,mirip iklan pribadinya Prabowo. Secara umum iklan ini tak jauh bedan dengan iklan politik lainnya. Tetapi yang membuatnya berbeda adalah kekuatan si Naratornya, yaitu Prabowo. Dimana selain menggambarkan kondisi riil yang ada dia juga memberikan solusi konkret dari permasalahan yang dia angkat. Menurut saya itu nilai plusnya.

Kedua, Iklan dengan backsound mars GERINDRA. Dengan view mata burung saya melihat GERINDRA menerjemahkan visi misinya (meski saya tak paham apa visi&misinya) melalui hal tersebut. Dan menurut saya itu pas banget dengan kata-kata yang ada pada mars GERINDRA. Dari sisi isi juga “keliatan banget” konsep yang benar-benar matang. Mulai dari penokohan, dimana orang-orang yang terlibat didandani dengan atribut GERINDRA, meski keliatannya maksa. Ikon-ikon yang ditampilkan juga berbalut logo dan warna gerindra yang merah mateng. Iklan ini menjadi beda dan terkesan lebih wah dibandingkan iklan parpol lain yang kebanyakan menampilkan satu figur dan gambar-gambar dokumentasi. Menurut saya sudut pandang mata burung itulah sisi paling menarik pada iklan ini.

Ketiga,iklan organisasi sayap GERINDRA yaitu, TIDAR. Nah, ini yang paling oke menurut saya. Dimana partai lain hanyw membuat iklan yang “multi fungsi” yang menurut saya tidak jelas segmen yang diajak komunikasi dan cenderung “gebyah uyah podo asine”. GERINDRA justru hadir dengan iklan untuk segmen kawula muda, dan hal itu yang tak pernah dijamah parpol lain…! Dosen saya bilang bahwa komunikasi yang kita bangun harus jelas siapa target audience-nya, karena setiap taget audience harus diperlakukan secara berbeda sesuai demografi, geografis hingga psikografi masing-masing. Nah, disinilah menurut saya okenya GERINDRA, partai ini tidak hanya membuat satu iklan saja untuk berkomunikasi dengan calon pemilih tapi juga mendekati kawula muda dengan lebih “mudawi” (ya… mirip manusiawi lah). Meski awalnya saya sempat mengira ini adalah iklan rokok, karena isinya hampir mirip dengan salah satu iklan rokok, tetapi akhirnya saya bertepuk tangan karena ternyata ada iklan politik yang seperti itu.

4 responses to “iklan GERINDRA lebih oke

  1. Setuju,pak! Ada slh satu partai yg rada ngikut2,tp rada-ny duikit pol seh.. Tp teuteup..g isa nyamain G.. Anyway,juz like u,cm komen teknis aj..g brarti jd pendukung G.. Hehehe.. -golput mode on jg d!-

  2. yaahh…dibandingkan iklan2 politik dari partai besar2 yg lainnya…

    patut diacungi jempol buat Gerindra yg tergolong partai baru..

    hmmm…tp sampe skrg msh lom yakin ma partai manapun tuw.. 😦

Leave a Reply

