AKTIVIS ? (panganan opo iku?)

Saya tidak tahu pasti apakah kegiatan menjadi seorang aktivis itu jalan untuk meraih mimpi, atau menjadi seorang aktivis itu memang mimpi itu sendiri? Tapi menurut saya menjadi aktivis adalah sebuah pilihan bagi si aktivis itu sendiri (emang ada yang jadi aktivis tanpo ono sebab lan musababe..?). Ada sebuah pertanyaan dalam dirisaya yang sebenarnya belum saya temukan jawabannya.”Sebenarnya aktivis kampus itu aktivis apa sih?” Apakah aktivis sosial? Aktivis lingkungan? Aktivis politik? Atau aktivis saja tanpa embel-embel apa pun? Terus terang saya bingung menentukan yang mana karena banyak hal yang mereka (aktivis) lakukan. Aktivis yang saya bahas adalah para mahasiswanya. Untuk mengobati ketidakmudhengan saya makanya saya menyebutnya kativis kampus saja.
Saya tidak membasnya lebih jauh aktivis menurut kamus besar bahasa Indonesia, karena terus terang saya nggak punya itu. Ya,mungkin kasarane, mereka yang aktif di kampus lah. Tidak berhenti sampai disitu. Lha aktivis kampus itu siapa? Apa mereka yang selama ini aktif di BEM, UKM, BEM FAKULTAS, HMJ atau mereka yang aktiv di Lab2 jurusan atau mereka mereka2 yang aktif di organisasi kemahasiswaan lainya? Lagi-lagi saya harus sedikit “kecewa” karena saya tidak menemukan jawaban yang memuaskan dari pertanyaan itu.
Tapi diluar itu semua sebagian masyarakat mengenal aktivis adalah mereka yang melakukan demo-demo yang selama ini ditayangkan diberbagai stasiun TV maupun dimuat di Koran, entah apapun “label” mereka. Jadi mana yang benar? Jawabnya adalah para aktivis yang tau (menurut mereka sendiri). Karena tidak jarang saya menemukan jawaban “emang penting yah al ini dibahas” Yang mau bilang ini penting , bantulah saya mana yang sebenarnya bener, dan bagi yang nganggap gak penting ya gak opo-opo.
TAPI STOP……..! Bagi siapapun yang ingi meluruskan ini semua mari bersuara disini. Tapi ingat….! jangan menggerutu sukur2 anda berikan yang benar. Tapi (kebanyakan tapi ya) yang benar menurut anda benarpun juga silahkan. Dan disini anda saya anda boleh memaki-maki dengan kata apapun,terhadap jawaban yang lain kalo anda mau anda juga boleh memaki2 saya (penulis) dengan catatan tidak melanggar HAM dan tidak SARA.

Leave a Reply

