Amerika iku sopo ?

Kita semua tahu Amerika adalah negeri adidaya dan katanya juga “adikuasa”. Amerika punya segalanya dan dia juga bisa melakukan apa aja yang dia mau. Mungkin kalo seandainya Amerika itu manusia dia adalah konglomerat kaya raya yang hartanya “kececeran” dimana-mana.

Saya menulis artikel ini karena saking ”heran dan kagum” sama yang namanya Amerika. Dalam hati saya bertanya “Ngidam opo yoo wong tuane Amerika ?, de’e iso sembarang-barang lan kabeh lek iso kudhu tunduk nang de’e.” Kalo saya boleh ngomong lebih serius, bagian mana dari dunia ini yang tidak pencileki sama Amerika, mulai dari maslah politik, ekonomi, teknologi, dan tetek bengek lainnya. Bahkan badan dunia yang namanya PBB kayaknya juga tidak lepas dari remote control Amerika.

Dan tidak salah kalo yang namanya Indonesia juga “manut”sama Amerika, supaya uripe ora pathek rekoso. Katanya Amerika itu demokratis, tapi nyatanya parpol juga cuma dua, lha idonesia, parpolnya bejibun. Amerika itu bebas, tapi nyatanya mau beli majalah atau film bokep aja harus ada ID. Lha indonesia, tinggal cari di pkl dekat pasar, bahkan anak kecil pun bisa beli. Amerika itu kaya, lha terus yang terbentang dari sabang sampai merauke itu apa bukan kekayaan?. Amerika itu pinter, tapi apa gunanya kalo buat minteri yang lain.

Sejak Soviet runtuh awal 1990an, praktis Amerika “dadi rojo”. Sing wani pola-polah bakat dipithes. Indonesia ming iso sendiko dawuh.

Seharusnya Idonesia jangan ”manja” sama Amerika, lha emang Amerika itu siapa?. Kita harus contoh negara-negara macam Iran, yang tegas-tegas tidak takut sama Amerika. Malah Amerika takut kalo Iran jadi kuat karena nuklirnya. Makanya mbuh yo opo caran proyek nuklir Iran harus gagal.Tapi, Presiden Iran malah bilang kalo kita punya hak untuk mengembangkan teknologi nuklir. Jadi, apa salahnya mengembangkan teknologi nuklir. Dan bahkan tidak takut ancaman embargo ekonomi dari Amerika. Bahkan Iran siap mengganti standar mata uang investasi dari US dolar menari mata uang negara Iran. Bukan hanya Iran yang harus kita comtoh. Tapi kita juga harus contoh Venezuela. Venezuela baru saja menasionalisasi perusahaan minyak asal amerika yaitu Exxon menjadi aset nasional. Meski kemudian dituntut melalui pengadilan di berbagai negara dan dinyatakan kalah ,tapi Hugo Cavez, presiden Venezuela bilang “Halo presiden (Bush), kalo begitu tidak akan ada lagi pengiriman minyak ke Amerika”.

Kita harusnya juga kayak gitu, tidak selalu sendiko dawuh sama Amerika. Amerika iku sopo ?

Note :
Tulisan ini bukan sebuah hinaan atau propaganda, tapi sekedar pemicu buat kita khususnya saya, agar tidak terlalu tergantung dengan yang lain.

Advertisements

4 responses to “Amerika iku sopo ?

  1. jopuk apik e ae co, banyak di hujatan tapi sering gawe jins, nonton holiwood, gae internet (jasa mbah bill gates).
    apik e maneh tiru kedewasaan menerima pendapat orang lain, penggunaan otak tuk semakin pinter, kebanggaan pada negaranya, de el el.

  2. Amerika?

    Wish them to go to hell SOON!

    Siap2 ae teman…

    agama kita bisa membawa penghidupan yang lebih baik.
    Baca sejarah peradaban islam deh.

    Dan baca juga kenapa bisa hancur kayak gini.
    Ya karena manut sama orang2 kafir Barat kayak AS gini….

    (tanya ken-napa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s